Efek Jejaring Sosial Media

Posted by Wahyu Setiawan Senin, 29 September 2014 0 komentar
Tidak bisa dipungkiri Manusia adalah makhluk sosial yang mana harus ada saling keterikatan satu sama lain, misalka didalam kehidupan sehari-hari manusia saling tegur sapa, tolong menolong dan saling menghornati secara kontak langsung. Dan seiring perkembangan era globalisasi saat ini telah menciptakan dunia maya, dengan memanfaatkan Jaringan Internet telah melahirkan berbagai macam aplikasi yang akan menghubungkan User dengan Internet dan dari Internet tersebut akan menghubungkan dengan User lain, hal ini disebut Media Jejarig sosial.


MedSos (Media Sosial) adalah sabuah software yang terkoneksi Internet dan menghubungkan User dengan User lainnya, jadi MedSos sebagai perantara atau sarana telekomunikasi, dan pengguna MedSos ini mayoritas adalah kaum anak muda hal ini karena kaum remaja yang sangat mudah sekali beradabtasi dengan berbagai perkembangan teknologi yang ada saat ini. Dan hal ini mengingat bahwasannya mayoritas anak-anak remaja kini masih dalam kondisi labil atau belum memiliki jatidiri yang kuat maka dari itu sering menimbulkan berbagai macam dampak positif dan Negatif. Berikut adalah dampak Jejaring media sosial bagi masyarakat.

  • Dampak Positif Jejaring sosial
Sarana SilaturahmiAdanya madia jejaring sosial ini adalah terbentuknya atau terciptanya ajang perkumpulan User untuk mengikat tali silaurahmi satu sama lain.
Sarana Bisnis
Bukan hanya untuk silaturahmi dalam media jejaring sosial ini kita dapat menciptakan sebuah fanspage untuk bisnis online atau jual beli barang.
Sarana Memperluas pergaulan
Memperluas jaringan pertemanan dengan orang lain adalah hal yang sangat mudah di jejaring sosial bahkan menjalin persahabatan dibelahan Dunia mana pun.
Sarana Menambah Wawasan
Tidak sedikit dari beberapa akun User Media sosial  yang berbagi atau sharing berita-berita terupdate yang mana hal ini otomatis akan terlink-kan dan terbaca oleh akun pengguna.

  • Dampak Negatif Jejaring sosial
Kriminalitas
Karena media sosial bersifat bebas semua orang dapat membuat akun tanpa batas hal ini rawan kriminalitas,karena dari akun tersebut dapat memacu terjadinya pertemuan yang telah direncanakan sebelumnya dengan akun User lain dan dari sini akan berlanjut pembunuhan, penculikan dan tidak kriminal lain yang tidak diinginkan.
Pertengkaran
Tidak heran bahwasannya media sosial ini bersifat global, jadi setiap pengguna User otomatis mengetahui apa yang dikatakan atau disampaikan oleh User lain tentang dirinya, dan hal ini akan memicu amarah bahkan pertengkaran karena perkataan yang menyinggung atau fitnah.
Kurang Konnsentrasi
Kurangnya konsentrasi dalam melakukan pekerjaan hal ini adalah dampak yang sangat sering terjadi diberbagai kalangan baik itu siswa atau put mahasiswa. Hal ini karena banyaknya fitur-fitur yang menarik dari aplikasi Media jejaring sosial tersebut atau terlalu fokus pada percakapan atau chating dengan teman atau lawan jenisnya.
Perdagangan Gelap
Diatas telah disebutkan Media jejaring sosial sebagai sarana bisnis yang efektif. Otomatis hal ini akan memicu adanya perdagangan gelap yang bersifat ilegal.

Demikian adalah adalah dampak positif dan negatif bagi pengguna media jejaring sosial, dan dari pembahasan diatas dapat disimpulakan bahwa pengguna media jejaring sosial harus pintar-pintar dalam mengontrol dan mengendalikan serta bertidak secara dewasa agar tidak mengganggu hal lain, dan perlu adanaya pengawasan dan bimbingan orang tua agar dapat meminimalisir dampak negatf
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Efek Jejaring Sosial Media
Ditulis oleh Wahyu Setiawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://rantaipengetahuan.blogspot.com/2014/09/efek-jejaring-sosial-media.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of SAMPAIKANLAH (PESAN) WALAU SATU AYAT.