Cloud Computing

Posted by Wahyu Setiawan Jumat, 16 Mei 2014 0 komentar
Dizaman yang serba modern ini kita dituntut untuk bisa beradabtasi dengan teknologi-teknologi yang ada disekitar kita karena bahwasannya teknologi yang ada saat ini berkembang bukannya hanya kecanggihannya tapi juga akan membantu kegiatan manusia atau kinerja agar lebih efektif dan efisien.

Tidak lain halnya Cloud Computing yang menekankan pemanfaatan teknologi komputer yang saling terhubung dengan jaringan satu sama lain atau saring disebut dengan Internet, Jadi Cloud computing adalah sebuah pemanfaatan teknologi internet dan dengan adanya cloud computing (komputasi awan) pengguna dapat menikmati layanan yang tersedia tanpa adanya perantara satu dengan yang lainnya. Serta  dapat menyimpan atau melithat data yang tersimpan dalam suatu database (awan).
  • Karakteristik Cloud Computing
On demand self service
Cloud Computing mempunyai karakteristik terbuka, yaitu dimana setiap User dapat mendaftar secara free/bebas dan menikmati layanan internet.
Broad network access
Selama User terkoneksi jaringan internet, maka secara otomatis setiap User dapat mengakses layanan dimana pun.
Resource pooling
penyimpanan semua informasi atau data didalam suatu database agar aman dari ganguan apapun.
Measured service
Yaitu sebuah pembayaran/transaksi paket data sesuai User pergunakan.

Sebuah contoh sederhana adalah ketika User mendaftar atau membuat akun dijejaring sosial Facebook, maka disana User akan mengisi berbagai pertanyaan yang harus terjawab dan User mendaftarkan secara geratis/free dan setelah User terdaftar maka secara otomatis User telah membuat database pribadi yang telah User inputkan sebelumnya dan akan disimpan didalam database server Facebook (awan) pada tahap berikutnya jika User talah logout dari akunnya, maka User dapat membuka/login kembali akun Facebook miliknya asalkan terhubung dalam jaringan Internet.

Begitulah alur/karakteristik dari Cloud computing yang mana sangat mempermudah User dalam mengaakses database atau layanan yang mereka butuhkan, hal ini akan membuat efektif dan efesien bukan? maka dari itu pemanfaatan Cloud Compitung sangat perlu dipelajari.

Dan mengenai keamanan Cloud Computing ini sudah sesuai standar keamanan hal ini juga tergantung penjagaan atau pengawasan dari IT masing-masing server untuk mengamankan database dari serangan virus atau Hacker.
Maka dari itu untuk mengamankan database dari gangguan apapun yaitu dibutuhkan IT yang berkemampuan mengendalikan beberapa server secara virtual atau mengoprasikan bebrapa server didalam server utama. dan tidak dipungkiri PC yang digunakan untuk serer utama haruslah memiliki specifikasi diatas standar, misalkan memiliki 2 port LAN Card dan  Harddisk memiliki kapasitas 100Tb hal ini karena nantinya serverlah  yang akan menyimpan  dan mengelola berbagai macam file-file atau database. Serta  













TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cloud Computing
Ditulis oleh Wahyu Setiawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://rantaipengetahuan.blogspot.com/2014/05/emulator-psp-android.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of SAMPAIKANLAH (PESAN) WALAU SATU AYAT.