Definisi dan Konsep Teori Komputasi dan Penerapan di Berbagai Bidang

Posted by Wahyu Setiawan Selasa, 28 Maret 2017 0 komentar


Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang konsep teori komputasi beserta bidang yang menerapkannya. Komputasi bisa didefinisikan sebagai cara menemukan solusi dalam pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Secara umum ilmu komputasi adalah ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu. Dan pada hal ini penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu sains.

Jenis-jenis Komputasi Modern 
Komputasi modern terdiri dari tiga macam jenis, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Dan berikut penjelasanya :
  •  Mobile computing
 
Mobile Computing adalah sebuah paradigma baru dalam kemajuan teknologi yang dapat melakukan komunikasi dengan jaringan nirkabel sehingga user mampu melakukan perpindahan.  
  • Grid computing
 
Grid computing (akan di bahas lebih lanjut di tugas ke dua) secara singkat, komputasi grid atau grid computing adalah penggunaan sumber daya komputer secara bersama-sama dimana komputer tersebut terpisah secara geografis. Komputasi grid ini biasanya digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan berskala besar.  
  •  Cloud computing
Cloud computing (akan di bahas di tugas ke dua) Cloud computing adalah kumpulan dari beberapa resources yang terintegrasi menjadi satu dan digunakan melalui web. Sebenarnya, cloud computing ini didasarkan pada teknologi grid computing yang membuat skalabilitas suatu sistem komputasi menjadi sangat besar dengan cara menggabungkan beberapa sumber daya komputer menjadi satu resource.

 
 Penerapan konsep teori komputasi diberbagai bidang:


  1. Bidang Fisika, implementasi komputasi fisika bertujuan untuk mempelajari gabungan antara fisika, komputer sains dan matematika terapan untuk memberikan solusi pada masalah yang kompleks baik menggunakan simulasi maupun algoritma yang tepat. 
  2. Bidang Kimia, implementasi komputasi kimia yaitu untuk menghitung struktur dan sifat molekul,dsb. 
  3. Bidang Matematika, implementasi pada bidang ini yaitu untuk menyelesaikan masalah dengan perhitungan matematis secara otomatis menggunakan sistem komputer dengan cara menyusun algoritma untuk menyelesaikan masalah manusia.
  4. Bidang Ekonomi, pada bidang ini contoh implemntasinya yaitu memecahkan teori statistika untuk memecahkan permasalahan keuangan.
  5. Bidang Geologi, implementasi pada bidang ini yaitu untuk memetakan letak sumber daya dan kontur dari permukaan bumi.
  6. Bidang Geografi, implementasi pada bidang ini yaitu untuk peramalan cuaca untuk mengamati tentang Metereologi, klimatologi kualitas udara dan geofisika.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Definisi dan Konsep Teori Komputasi dan Penerapan di Berbagai Bidang
Ditulis oleh Wahyu Setiawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://rantaipengetahuan.blogspot.com/2017/03/definisi-dan-konsep-teori-komputasi-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of SAMPAIKANLAH (PESAN) WALAU SATU AYAT.