Network Wireless

Posted by Wahyu Setiawan Senin, 29 September 2014 0 komentar
Network Wireless dalam bahasa Indonesia adalah Jaringan Nirkabel adalah Jaringan tanpa kabel yang menghubukan jaringan dengan perantara sinyal atau gelombang radio, seperti halnya jaringan Wifi,Bluetooth, Infrared dan lain-lain. Network wireless ini juga mempunyai fungsi yang sama yaitu menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya yang sudah terinstal fasilitas wifi atau wireless card, Network wireless ini juga banyak dipelajari dan diminati konsumen karena keefisiensinya dalam membantu pekerjaan. Dan berikut ini adalah macam-macam Network wireless.
  • WPAN (Wireless Personal Area Network)
Adalah jaringan wireless yang mempunyai jangkauan koneksi yang sempit, seperti halnya
  • WLAN (Wireless Local Area Network)
Sebuah jaringan yang memiliki jangakauan koneksi yang lebih luas, karena mencangkup gedung, kampus dan sekolah, atau bisa disebut jaringan yang mencangkup pada satu tempat dan kita menganal dengan jarinagan wifi.
  • WMAN (Wireless Metropolotan Aarea Network) 
Yaitu jaringan yang mempunyai batas jangkauan yang lebih luas, yaitu meliputi wilayah tertentu, maka otomatis WMAN ini memiliki kelemahan yaitu bila terjadi cuaca buruk maka jaringan akan mengalami koneksi akan mengalami gangguan.
  • WWAN (Wireless Wide Area Network) 
 Jarinngan yang lebih luas dari WLAN atau pun WMAN yaitu jaringan yang mencangkup wilayah perkotaan bahkan Negara.  Untuk mengkoneksikan jaringan WWAN ini adalah menggunakan pemancar satelit.

Jenis-jenis dan fungsi Wireless
  • Wifi
Wireless Fidelity adalah jaringan tanpa kabel yang menghubungkan perangkat dengan Hotspot yaitu lokasi yang mempunyai jaringan wifi, kelebihan jaringan ini tentunya jaringan yang tak memiliki kabel melalui sinyal, dan adapun kekurangannya adalah wifi mempunyai batas jarak tertentu agar perangkat tetap berada dalam lokasi Hotspot dan juga mempunyai bandwith yang cukup besar yaitu 11Mbps.
  • Bluetooth
Adalah jaringan wireless yang banyak terdapat didalam ponsel atau gadget, namun saat ini terdapat juga peripheral untuk PC. Wireless Bluetooth ini berfugnsi sebagai pengiriman data dan bluetooth ini juga mempunyai jangkauan jarak 10 sampai 15 meter.
  • Infrared
Infrared adalah salah satu wireless network yang menggunakan sinar elektro magnet sebagai media perantara pengiriman data, infrared juga memliki batas jarak dalam pengiriman data yaitu paling dekat mempunyai panjang gelombang 0.75 – 1.5 µm dan yang paling jauh 10 – 100 µm.







 


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Network Wireless
Ditulis oleh Wahyu Setiawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://rantaipengetahuan.blogspot.com/2014/09/network-wireless.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of SAMPAIKANLAH (PESAN) WALAU SATU AYAT.