Artificial Intelligence pada game Astrobatics

Posted by Wahyu Setiawan Jumat, 11 Maret 2016 0 komentar
Whats Up! Pada kesempatan kali ini akan membahas game yang berbasiskan Artificial Intelligence atau AI, lalu apa itu AI? seperti yang telah dibahas sebelumnya pada postingan AI (Artificial Intelligence) pada aplikasi Android disana membahas apa itu AI dan Aplikasi Android apa saja yang memiliki kecerdasan buatan.
Game yang akan kita bahas kali ini adalah game PC yang ada di game house yakni Astromotios, game ini dipilih penulis karena mengandung kecerdasan buatan yang menantang pemain sehingga dapat mengalahkan lawan-lawan yang semakin lama semakin sulit level kesulitannya.
Diatas terlihat para musuh menghampiri pesawat untuk menyerang, sebagaimana konsep AI yang diterapkan game ini adalah untuk mengalahkan pemain dengan mengejar dan menembak kearah pemain.
  • Konsep permainan 
yang di terapkan dalam permainan ini adalah, pemain harus menembak sebanyak-banyak nya pesawat alien yang keluar di dalam game tersebut. Selain itu pemain harus bergerak cepat agar terhindar dari tembakan musuh.
Pemain harus memperbanyak score yang ada supaya bisa mendapatkan score yang tinggi karena tujuan dari game ini adalah high score.
Pemain dapat mengubah senjata dengan amunisi-amunisi yang didapatkan saat mematikan musuh yang ada, semakin banyak amunisi maka pemain akan semakin kuat, permainan akan berakhir apabila nyawa pemain habis namun dapat diisi ulang jika mendapatkan nyawa dari mematikan musuh
  • Algoritma permainan
Collision model adalah algoritma collision detection. Sebuah algoritma yang berfungsi untuk memeriksa apakah dua buah objek spasial saling bertumbukan. Algoritma ini sangat diperlukan di bidang animasi dan pebuatan game. Dengan menggunakan algoritma ini, sang pembuat dunia virtual (game ataupun animasi) bisa membuat dunia virtualnya semakin mirip dengan dunia nyata. Algoritma ini sangat esensial di setiap pembuatan animasi ataupun game karena jika tidak ada algoritma ini, tidak akan terjadi interaksi antar elemen di dalam sebuah game atau animasi.
Algoritma collosion detection digunakan untuk membangun sebuah game Astrobatics ini. Game Astrobatics adalah sebuah game arcade 2 dimensi yang memiliki tujuan  menghabisi Alien sebanyak-banyaknya. Dalam permainan ini, pemain dituntut ketangkasannya untuk menembak Alien secepatnya dan juga menghindari tembakkan Alien dan Alien  itu sendiri.
Dalam game ini algoritma collision detection sangat dibutuhkan. Jika algoritma collision detection tidak diterapkan dalam game ini, game akan tidak bisa dimainkan. Setiap objek yang saling bertumbukan hanya akan saling bertumpuk dengan gambar lain dan melewatinya. Permainan pun juga tidak akan punya tujuan karena tidak ada yang berubah dalam lingkungan game itu sendiri.
Collision detection dimulai dengan mendeteksi posisi tembakkan pemain dan posisi musuh (Alien). Setelah dua objek tersebut bergerak dan saling bertumbukkan, persamaan logika akan mendeteksi apakah dua objek tersebut saling bertabrakan atau tidak. Jika persamaan logika tersebut bernilai ‘true’, maka collision detection akan terjadi dan melanjutkan alur pemrograman ke langkah berikutnya seperti hancurnya Alien. Begitu juga jika karakter pemain bertumbukan dengan objek musuh. Algoritma detection collision akan dijalankan kembali.
Begitulah penjelasan singkat dari collision detection. Dengan melihat fungsi dari algoritma ini, sangat bisa disimpulkan bahwa algoritma collision detection sangat esensial dalam pembuatan sebuah game dan animasi dan jika collision detection tidak diterapkan, maka game atau animasi tersebut bisa dibilang tidak berfungsi.
SUMBER


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Artificial Intelligence pada game Astrobatics
Ditulis oleh Wahyu Setiawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://rantaipengetahuan.blogspot.com/2016/03/artificial-intelligence-pada-game.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of SAMPAIKANLAH (PESAN) WALAU SATU AYAT.