Kebudayaan Daerah Provinsi Bengkulu

Posted by Wahyu Setiawan Minggu, 04 Mei 2014 0 komentar


D
ari Sabang sampai Marauke itulah julukan yang tapat untuk Bangsa ini, Indonesia adalah negara kepulauan yang mempunyai wilayah yang sangat  luas. Sekitar ±17.500 pulau yang tersebar di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 8.651 pulau yang bernama dan 8.853 pulau yang belum bernama. Disampai kesuburan Indonesia akan kekayaan alam, membuat bangsa Indonesia ini  sebagai Negara berkembang terbesar diDunia, Indonsia juga dikenal dengan keanekaragaman kebudayaan. Di Indonesia terdapat puluhan suku atau etnis yang memiliki tradisinya atau kebudayaannya masing-masing.
Dan disini saya akan membahas kebudayaan yang ada diIndonesia itu sendiri, yaitu salah satu kebudayaan yang tepatnya terletak dikepulauan barat daya Sumatra yaitu provinsi Bengkulu. Provinsi Bengkulu bila dilihat dari tinjauan geografisnya adalah 101001’– 10341’ BT dan 20 16’ – 30 31’ LS terletak disebelah barat pegunungan Bukit Barisan dan memanjang dari perbatasan Provinsi Sumatera Barat sampai ke perbatasan Provinsi Lampung sepanjang lebih kurang 567 kilometer. Batasan-batasan wilayah provinsi Bengkulu:
  1. Sebelah barat pegunungan Bukit Barisan dan memanjang dari perbatasan Provinsi Sumatera Barat sampai ke perbatasan Provinsi Lampung sepanjang lebih kurang 567 kilometer.
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan. 
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia dan Provinsi Lampung .
  4. Sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat.
Secara geografis, Bengkulu boleh dibilang masuk dalam kategori wilayah periferal. Dan kategori periferal, tidaklah cenderung ekslusif ataupun esoteris. Tetapi dalam perjalanan sejarahnya, Bengkulu justru menjadi ajang pelarian kaum migran dari berbagai etnis, baik etnis domestik Bugis, Madura, Jawa, Melayu, Minang, Aceh, Bali, Nias dan lain-lain, ataupun etnis manca Negara yang menetap disana namun hanya sedikit disbanding etnis domestic.
Beralih lebih dalam tetang Provinsi Bengkulu ini, selanjutnya saya akan membahas tentang Pakaian adat provinsi Bengkulu. Pakaian Adat untuk Pria Bengkulu terdiri dari dari  Jas, Sarung, Celana Panjang, Alas kaki yang dilengkapi dengan penutup kepala dan sebuah keris. Jas tersebut terbuat dari kain bermutu seperti wol dan sejenisnya, dan biasanya berwarna gelap seperti hitam atau biru tua, begitu juga celana nya terbuat dari bahan dan warna yang sama. Dan untuk  pakaian Adat Wanita Bengkulu adalah mengenakan baju kurung berlengan panjang, mempunyai corak-corak, sulaman emas berbentuk lempengan-lempengan bulat seperti uang logam. Bahan baju kurung umumnya beludru dalam warna-warna merah tua, lembayung atau hitam. Sarung Songket benang emas atau perak dalam warna serasi dan sutra merupakan perangkat busana yang di gunakan dari pinggang sampai mata kaki.

Dan selanjutnya saya akan membahas tentang tarian adat tradisional Bengkulu, sebagai berikut ini:

      
       1. Tari Andun
Tari Andun dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati. Biasanya dilakukan oleh para bujang dan gadis secara berpasangan pada malam hari dengan diringi musik kolintang. Pada zaman dahulu, tari ini biasanya digunakan sebagai sarana mencari jodoh setelah selesai panen padi. Sebagai bentuk pelestariannya saat ini dilakukan sebagai salah satu sarana hiburan bagi masyarakat, khususnya bujang gadis.  
     
       2. Tri Lanan Belek

Tari Lanan Belek, tari ini diangkat berdasarkan cerita rakyat tentang seorang bidadari yang terpaksa tertinggal, karena saat lagi mandi bersama-sama temannya yang lain selendangnya diambil orang. Suatu saat selendangnya ditemukan kembali dan bidadari tersebut kembali pulang meninggalkan si pemuda yang mendendam. 

      3. Tari Ganau

Tari Ganau merupakan tarian yang diiringi dengan musik. Didominasi olrh iringan mandolin, rebab dan kendang serta lagu dengan irama melayu. Tarian ini dimainkan oleh sekelompok penari wanita dan laki-laki. Dimulai dengan tempo gerakan yang lambat diakhiri dengan gerakan yang cepat dan menghentak-hentak. Gerakan tangan, serta melompat dan dan formasi yang harmonis dengan iringan musik merupakan ciri khas yang dari tarian.

      4. Tari Kejei
Tari Kejei merupakan kesenian rakyat Rejang yang dilakukan pada setiap musim panen raya datang. Tarian tersebut dimainkan oleh para muda-mudi di pusat-pusat desa pada malam hari di tengah-tengah penerangan lampion.


Dan pembahasan yang terakhir kali ini adalah mengenai Rumah adat provinsi Bangkulu ini, Bentuk rumah panggung melayu ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu :
  1. Bagian atas rumah masyarakat Bengkulu terdiri dari :
·         Atap, terbuat dari ijuk, bamboo, atau seng
·         Bubungan, ada beberapa bentuk
·         Pacu = plafon dari papan atau pelupuh
·         Peran : balok-balok bagian atas yang menghubungkan
·         Tiang-tiang bagian atas
·         Kap : kerangka untuk menempel kasau
·         Kasau : untuk mendasi reng
·         Reng : untuk menempel atap

     2. Bagian tengah terdiri dari :
·    Kusen, kerangka untuk pintu dan jendela
·    Dinding : terbuat dari papan atau pelupuh
·  Endela : bentuk biasa dan bentuk ram
·  Pintu : bentuk biasa dan bentuk ram
·  Tulusi (lubang angin) : ventilasi, biasanya di atas pintu dan jendela, dibuat dengan       berbagai ragam hias
·  Tinag penjuru
·  Piabung : tiang penjuru hal
·  Tiang tengah
·  Bendu : balok melintang sepanjang dinding

     3. Bagian bawah terdiri dari :
·    Lantai, dari papan, bamboo, atau pelupuh
·  Geladak, dari papan 8 dim dengan lebar 50cm dipasang sepanjang dinding luar di atas  balok
·  Kijing, penutup balok pinggir dari luar, sepanjang keliling dinding
·  Balok (besar), kerangka untuk lantai yang memanjang ke depan
·  Tailan : balok sedang yang berfungsi sebagai tempat menempelkan lantai
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kebudayaan Daerah Provinsi Bengkulu
Ditulis oleh Wahyu Setiawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://rantaipengetahuan.blogspot.com/2014/05/kebudayaan-daerah-provinsi-bengkulu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of SAMPAIKANLAH (PESAN) WALAU SATU AYAT.